Tanda-Tanda Keputihan Normal dan Tidak Normal serta Tindak Lanjutnya

Tanda-tanda keputihan dapat di kategorikan menjadi dua tipe, yaitu tanda-tanda keputihan normal dan tanda-tanda keputihan tidak normal. Keputihan normal dan tidak normal terkadang membingungkan dan tidak bisa dibedakan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan bahwa keputihan yang Anda alami adalah keputihan normal atau tidak. 

tanda-tanda keputihan
Jika itu adalah normal, maka tidak perlu ada yang dikuatirkan. Kehamilan Anda atau area kewanitaan Anda dalam kondisi sehat. Sebaliknya, jika keputihan yang Anda alami tidak normal atau tidak wajar, maka perlu ada tindakan selanjutnya. 
 
Nah, di sini, kita akan mengetahui bagaimana sebenarnya mengetahui keputihan yang dialami normal atau tidak normal. Kita bisa mengenalinya dari tanda-tandanya, yaitu warna, jumlah cairan dan ada tidaknya keluhan dan keduanya tidak bisa dipisahkan. Berikut ini selengkapnya.

 

Tanda-Tanda Keputihan Normal

Secara singkat, kita bisa mengatakan bahwa keputihan normal ditandai dengan cairan lengket yang keluar dari area kewanitaan dengan warna bening seperti putih telur atau tanpa warna dalam jumlah sedikit dan tidak disertai dengan keluhan apapun. Itulah perbedaan mendasar keputihan normal dan tidak normal.

Namun demikian, faktanya, ada beberapa kasus yang mengungkap bahwa keputihan normal bisa saja tidak berwarna putih bening melainkan warna coklat, merah atau merah muda dan tidak disertai dengan keluhan. Ya, keputihan berwarna coklat bisa disebut normal asal sebabnya bukan merupakan parasit, jamur atau bakteri. 

Melainkan dari dalam tubuh Anda sendiri. Salah satu sebabnya adalah implantasi janin yang terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan. Jika memang demikian, ini merupakan kabar baik karena Anda akan memiliki momongan. Kemudian, ada wanita yang mengalami keputihan dengan warna cairan bening tapi dalam jumlah banyak. 

Sejauh tidak ada keluhan lain yang membuat Anda tidak nyaman, maka bisa disimpulkan bahwa ini keputihan normal. Artinya, bisa disimpulkan bahwa yang membedakan keputihan normal dan tidak normal adalah keluhannya. Selama area kewanitaan Anda tidak terjadi perubahan warna atau menjadi gatal, Anda bisa bernafas lega.

 

Tanda-Tanda Keputihan Tidak Normal

Nah, secara singkat, tanda-tanda keputihan tidak normal bisa dikenali dari warnanya yang menyerupai susu atau kehijauan, lebih kental, dalam jumlah berlebih dan disertai dengan keluhan lain seperti gatal, panas dan perih pada area kewanitaan. Sebenarnya, tanpa adanya gangguan dari luar, keputihan tetap berwarna bening. Perubahan warna bisa jadi dipicu oleh bakteri vaginosis, jamur atau kuman yang kemudian tumbuh dan menginfeksi area kewanitaan Anda. 

Jika Anda mulai tidak nyaman dengan keputihan yang Anda alami karena timbulnya bau yang tidak sedap dan timbulnya gatal, maka bisa dipastikan, keputihan yang Anda alami tidak normal. Masalah keputihan normal atau tidak normal memang terletak pada keluhan dan baunya. Bau ini disebabkan oleh akumulasi parasit yang tumbuh di area kewanitaan yang terlalu lembap. Jika ini terjadi, maka perlu dipastikan apa penyebab dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Kupas tuntas manfaat dan bahaya pemakaian Crystal X

Tindak Lanjut

Keputihan normal tidak diperlukan tindak lanjut secara medis, hanya saja harus dipastikan khususnya jika keputihan Anda berwarna coklat. Warna coklat bisa saja bukan keputihan normal dan yang bisa memutuskan adalah dokter. Keputihan tidak normal perlu diwaspadai siapa tahu area kewanitaan Anda telah terinfeksi bakteri. Selain itu, Anda perlu menjaga agar area kewanitaan selalu kering dan bebas dari lembap.

Menghindari celana dalam ketat, membersihkan area hingga bersih dan mengeringkannya adalah cara paling sederhana. Lebih jauhnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara terbaik untuk mengatasinya. 

Melihat pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan, Anda sebaiknya memperhatikan kebersihan area tersebut sehingga bebas infeksi. Yang sama pentingnya, Anda harus mengetahui dan bisa membedakan keputihan normal dan tidak normal.