Perut Kembung Tanda Hamil dan Cara Mengatasinya

Perut kembung tanda hamil sering terjadi pada hampir semua wanita hamil. Bagi meraka yang baru mengandung anak pertama, perut kembung bisa disalahartikan dan sering membuat mereka panik. Padahal, perut kembung hanyalah salah satu dari banyak gejala kehamilan seperti nyeri pada bagian payudara, sembelit, ngidam makanan, dan perubahan mood. 


perut kembung tanda hamil

 
Meskipun perut kembung suatu kenormalan, tapi rasanya sangat tidak enak. Apalagi, Anda bisa merasakannya selama beberapa minggu. Apa sebenarnya penyebab perut kembung pada masa hamil? Adakah cara untuk mengatasinya? Di bawah ini informasi yang akan berguna bagi Anda.

Perubahan Hormon Progesteron, Sebab Utama Perut Kembung

Rasa panik mengetahui perut kembung di hamil pertama itu wajar. Nah, setelah tahu bahwa masalah ini sama sekali tidak membahayakan bagi ibu dan janin di dalam kandungan, hal pertama adalah jangan panik. Perut kembung tanda hamil memang akan terjadi karena disebabkan oleh perubahan hormonal.

Perubahan ini menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat sehingga darah dalam jumlah besar dipompa ke dalam rahim. Aliran darah menjadi lebih tinggi dari biasanya sehingga rahim pun menjadi bengkak, menimbulkan tekanan pada perut bagian bawah. Tidak heran jika Anda menemukan perut Anda menjadi kembung.

Perubahan hormon lainnya adalah produksi progesteron yang lebih dari biasanya. Kelebihan hormon ini sebenarnya untuk membantu ligamen dan otot Anda. Tapi, otot malah menjadi lemah dan lunak. Pencernaan makanan pun menjadi lebih lambat dari biasanya. Akibatnya, Anda akan susah buang air besar atau sembelit yang menimbulkan perut kembung di awal masa kehamilan.

Hormon progesteron yang diproduksi secara berlebih sebenarnya bermanfaat ketika melahirkan. Hormon ini membantu meregangkan panggul sehingga bayi bisa melewatinya. Namun, karena proses pencernaan melambat dari biasanya, asam lambung tidak normal, menimbulkan rasa mulas pada perut dan perut kembung tanda hamil.

Perut kembung juga dipicu oleh makan berlebihan saat hamil. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajar karena efek dari hamil muda. Makan tanpa aktifitas fisik untuk membakar kalori akan menambah berat badan sehingga efeknya perut menjadi kembung.

Baca Juga : Kupas tuntas manfaat dan bahaya pemakaian Crystal X

Perut Kembung Tanda Hamil, Atasi Perut Kembung dengan Cara Berikut!

Karena perut kembung ini bisa terjadi dalam waktu lama, Anda akan merasa tidak nyaman. Tapi, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktekkan untuk meredakan perut kembung karena hamil muda. Salah satunya adalah dengan memperbanyak tingkat keseringan makan. Kalau sekarang Anda makan tiga kali sehari, tambah jadwal Anda menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi dikurangi. Dengan begitu, perut kembung tanda hamil muda bisa dikurangi.

Selain itu, usahakan diri Anda merasa senyaman mungkin secara fisik. Anda bisa mencobanya dengan mengenakan pakaian longgar. Pakaian ini akan mencegah perut Anda yang sedang hamil merasa sesak karena sempitnya pakaian. Kemudian, usahakan tubuh Anda merasa fit. Sekarang ini sudah banyak senam untuk ibu hamil yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah dengan mudah. Latihan ini akan menjaga kesehatan ibu hamil seperti relaksasi pernafasan. Latihan ini akan memperlancar pencernaan sehingga perut kembung bisa dihindari.

Gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan serta kaitannya dengan perut kembung. Maka, usahakan untuk menjaga asupan makanan dengan makanan yang bernutrisi tinggi. Makanlah dengan halus dan hindari ketergesaaan dan makan sambil ngobrol. Pada saat ngobrol, udara yang masuk ke dalam perut akan semakin besar yang akan membuat perut menjadi kembung. Kontrol minuman secukupnya sehingga tidak berlebih.

Kuncinya adalah pada pola makan dan makanan yang Anda makan. Jika Anda bisa mengontrolnya dan membuat Anda senyaman mungkin, Anda bisa mengatasi perut kembung tanda hamil.