3 Cara Mengatasi Keputihan yang Berlebih

Cara mengatasi keputihan yang berlebih bisa dilakukan dengan berbagai hal. Jika Anda mengalaminya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan ahli sebelum mengambil tindakan atau memilih penanganan yang tepat bagi keputihan Anda yang berlebihan. Seharusnya, keputihan tidak menjadi masalah asal dalam jumlah yang wajar dan tidak mengeluarkan keluhan apapun. 


cara mengatasi keputihan
 


Namun, ketika volume cairan yang keluar menjadi berlebih, kita tidak bisa mengatakan wajar lagi. Berbagai langkah perlu dilakukan dan setelah Anda berkonsultasi, Anda bisa saja melakukan berbagai macam perubahan pada tingkah laku Anda dan mungkin, meminum obat tertentu. Berikut ini ulasan lengkapnya.
 

Perubahan Kebiasaan Lama dalam Mengatasi Keputihan

Perlu diketahui bahwa keputihan yang berlebihan tidak datang begitu saja tanpa sebab. Kebiasaan Anda dalam berpakaian bisa jadi pemicu utamanya. Maka, untuk mengatasinya, diperlukan perubahan kebiasaan Anda dalam hal kebersihan area kewanitaan dan berpakaian.

Sangat penting untuk menjaga area kewanitaan selalu kering, maka solusinya adalah Anda memakai celana dalam terbuat dari bahan katun sehingga mudah menyerap keringat dan lembap oleh keringat. Cara mengatasi keputihan yang berlebih juga mengharuskan Anda untuk mengganti celana dalam paling tidak 2 kali sehari. Malas mengganti akan menyebabkan kelambapan terlalu tinggi sehingga menjadi sarang parasit seperti jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Jika Anda sedang menstruasi, Anda harus pintar-pintar memilih pembalut yang gampang menyerap darah dan gantilah pembalut Anda 2 hingga 3 kali sehari agar darah tidak menyebabkan gatal dan cairan keputihan tidak keluar dalam jumlah berlebih.

Panty liner bisa saja dilakukan karena bisa menjadi cara mengatasi keputihan berlebih, tetapi panty liner hanya dilakukan jika keputihan yang Anda alami disertai dengan gatal. Hindari penggunaan panty liner dalam waktu lama dan gantilah sesering mungkin sehingga bakteridan jamur tidak sempat berkembang di dalam area kewanitaan Anda.

Sesudah buang air kecil atau besar, rajin-rajinlah membersihkan area kewanitaan hingga bersih dan keringkan dengan handuk agar tidak lembap. Jikaharus menggunakan sabun pembersih, yakinkan produk yang Anda gunakan aman sehingga pH dalam vagina bisa tetap seimbang.
 

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Ramuan Tradisional

Keputihan berlebih tidak harus menggunakan produk-produk yang tidak jelas keamanannya kecuali memang disarankan oleh dokter. Anda bisa menggunakan ramuan tradisional yang sudah digunakan puluhan tahun oleh orang-orang dahulu. Salah satunya adalah daun sirih dan temu putih.

Pertama, cuci kedua bahan dan tiriskan. Masukkan kedua bahan ke dalam gelas berisi airbersih kemudian rebus hingga mendidih. Minumlah air rebusan sebanyak satu gelas secara teratur dalam seminggu selam masih keputihan.

Cara mengatasi keputihan yang berlebih dengan tradisional juga bisa menggunakan daun sirih saja. Hanya dengan 10-15 lembar daun sirih kemudian rebus hingga mendidih. Jika air sudah berubah kekuningan dan aroma sirih tercium, ambillah air ini kemudian gunakan untuk membilas area kewanitaan Anda. Dengan penggunaan secara teratur, Anda akan bisa mengatasi keputihan berlebih yang Anda alami.

Baca Juga : Kupas tuntas manfaat dan bahaya pemakaian Crystal X
 

Menghindari Makanan Pemicu Keputihan

Ternyata, tidak hanya kebiasaan buruk dalam menjaga atau membersihkan vagina agar tetap kering saja yang bisa menyebabkan keputihan berlebih. Beberapa kelompok makanan terbukti memicu keputihan yang menimbulkan masalah.
 
Beberapa contohnya adalah mentimun, durian dan nanas. Makanan dengan kadar gula tinggi, yang mengandung ragi dan berbahan dasar tepung juga perlu dihindari agar keputihan tetap normal. Makanan tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan jamur Candida Albicans berkembang dan menyebabkan masalah.

Jika keputihan yang Anda alami tetap berlanjut, segeralah periksa ke dokter. Hanya dokter yang bisa merekomendasikan yang paling baik cara mengatasi keputihan yang berlebih.

0 Response to "3 Cara Mengatasi Keputihan yang Berlebih"

Posting Komentar