8 Langkah Untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Langkah Untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil


Salah satu situasi yang sangat menganggu pada saat masa kehamilan adalah terjadinya keputihan dan tentunya Anda juga harus mengetahui cara untuk mengatasi keputihan saat hamil tersebut. Selain bisa mengganggu kalau tidak segera diatasi takutnya keputihan Anda merupakan bagian dari tanda-tanda kalau organ intim Anda sedang mengalami masalah.

Sering terjadi keputihan pada saat hamil. Situasi ini sebenarnya disebakan karena adanya perubahan hormon dan aliran darah pada rahim serta pada organ intim kewanitaan. Ternyata perubuhan hormonal ini memiliki dampak keseimbangan pada tingkat keasaman dari organ intim itu sendiri, maka dari itu timbullah pertumbuhan jamur yang akhirnya bisa menyebabkan iritasi.

Bahayakah Keputihan Saat Hamil?

Sebelum dibahas terkait dengan cara mengatasi keputihan saat hamil, kira-kira bahayakah keputihan saat hamil? Tentunya akan menjadi permasalahan yang serius kalau ternyata keputihan berbahaya bagi Anda yang sedang hamil.

Umumnya keputihan selama tidak berbau dan menimbulkan rasa gatal maka keputihan tersebut bisa dikategorikan sebagai keputihan yang normal-nomal saja dan tentunya tidak membahayakan. Akan tetapi apabila keputihan tersebut telah berkembang sehingga menjadi infeksi dengan ditandai oleh rasa gatal, panas, nyeri, dan juga kemerahan, termasuk juga rasa sakit pada saat buang air kecil maka keputihan yang seperti ini harus segera ditangani karena ini bisa berbahaya dan bisa berdampak juga terhadap anak yang sedang dikandung.

Cara Tepat Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Apabila Anda mengalami keputihan saat hamil apakah keputihan Anda tergolong dalam keputihan yang normal atau yang tidak normal sekalipun, melakukan penanganan sedini mungkin merupakan langkah terbaik yang harus Anda lakukan. Langkah seperti ini dilakukan untuk mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan terjadi pada suatu hari nanti.

Berikut ini adalah 8 langkah untuk mengatasi keputihan saat hamil yang bisa Anda coba:

  1. Jangan pernah membasuh organ kewanitaan Anda dengan memakai air kotor. Selain itu sebaiknya Anda juga jangan pernah memakai toilet umum dikarenakan tingkat kebersihannya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
  2. Usahakan untuk selalu memakai pakaian dalam yang berbahan dasar dari katun dan hindari pakaian dalam yang berbahan dasar sintesis. Hindari juga memakai pakaian yang ketat.
  3. Jangan pernah membiasakan untuk menggunakan panty liner setiap hari. Dengan menggunakan panty liner setiap hari dikhawatirkan organ intim Anda menjadi semakin lembab.
  4. Apabila Anda sudah merasa kalau pakaian dalam Anda sudah lembab maka segeralah untuk menggantinya dengan yang masih kering.
  5. Bersihkanlah organ intim Anda dengan cara satu arah yaitu depan ke belakang. Terutama pada saat Anda selesai buang air besar maupun kecil. Hal ini dimaksudkan agar supaya bisa mengurangi resiko terkontaminasi mikroorganisme pada area saluran kantung kemih dan juga anus.
  6. Usahakan untuk mengurangi asupan makanan yang manis dan kandungan kafeinnya tinggi.
  7. Pastikan juga organ intim Anda dalam keadaan kering setelah selesai mandi dengan cara mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang bersih. Hidari mengeringkannya dengan menggunakan tisu yang memiliki aroma wangi.
  8. Hindari menggunakan sabun pembersih di area organ intim dikarenakan bisa membunuh bakteri baik yang ada di sana sehingga yang terjadi adalah keputihan yang Anda alami akan semakin parah.

Itulah 8 langkah untuk mengatasi keputihan saat hamil yang bisa Anda coba. Semoga dengan melakukan langkah-langkah tersebut gangguan keputihan yang Anda alami akan cepat teratasi.
Baca Juga : Kupas tuntas manfaat dan bahaya pemakaian Crystal X

0 Response to "8 Langkah Untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil"

Posting Komentar